Selasa, April 22, 2008

Quick Count Kompas Terbukti Akurat


Quick Count Kompas Terbukti Akurat

JAKARTA, SELASA - Hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) Jawa Barat yang diumumkan Selasa (22/4) sesuai dengan prediksi Kompas yang dilakukan melalui hitung cepat (quick count) usai pemilihan berlangsung. Bahkan persentase suara yang diraih masing-masing pasangan nyaris sama.

Persentase suara masing-masing pasangan sesuai hitungan cepat Kompas tidak terpaut satu persen pun dibandingkan hasil akhir perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Jawa Barat. Selisih persentase yang diraih pemenang Pilkada Jabar hanya 0,13 persen, urutan kedua 0,79 persen, dan pasangan paling buncit 0,66 persen. 

Sesuai hasil perhitungan akhir KPUD Jabar, pasangan Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf yang diusung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional menang dengan persentase 40,50 persen. Di posisi kedua pasangan Agum Gumelar dan Nu'man Abdul Hakim meraih 34,55 persen. Pasangan terakhir Danny Setiawan dan Iwan R Sulanjana meraih 24,95 persen.

Sementara itu, sesuai hasil hitung cepat Kompas pasangan Ahmad Heryawan-Dede Yusuf meraih 40,3659 persen. Agum-Nu'man meraih 35,3381 persen, sedangkan Danny-Iwan meraih 24,2960 persen. 

Meski hanya dengan metode sampling di sejumlah TPS yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Barat, hitung cepat Kompas berhasil melakukan prediksi dengan akurat. Sampel diambil dari 300 Tempat pemungutan Suara (TPS) dari 60.000 yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

Sebelum hitung cepat dilakukan, Litbang Kompas menyatakan bahwa tingkat akurasi hitung cepat ini mencapai 99 persen. Terbukti bahwa satu persen merupakan toleransi untuk membandingkan hasil pilkada dengan penghitungan yang dilakukan KPUD Jabar.

Dibandingkan lembaga survei lainnya, Litbang Kompas belum lama melakukan hitung cepat pilkada. Sebelum di Jawa Barat, hitung cepat telah dilakukan pula di DKI Jakarta.
(http://www.kompas.com/read/xml/2008/04/22/1550336/quick.count.kompas.terbukti.akurat)

Tidak ada komentar: