Minggu, Februari 19, 2012

2.000 Dongdang Kembali Sesaki Tegar Beriman

CIBINONG–Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Bogor kembali menggelar festival pawai dongdang di Lapangan Tegar Beriman, Sabtu (3/3) mendatang. Setidaknya 2.000 lebih dongdang dipastikan akan turut berpartisipasi pada kegiatan yang telah menjadi tradisi dan budaya di Kabupaten Bogor itu.

”Tahun ini, SKPD, pelajar, jajaran kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, kecamatan, kelurahan dan PKK diminta mengirimkan paling sedikit dua grup peserta,” terang Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, H Tb Lutfhie Syam.

Ia menuturkan, spesifikasi dongdang yang akan ditampilkan oleh masing-masing peserta adalah, berukuran 120 x 80 cm dan dihiasi ornamen tradisional khas Jawa Barat atau bernuansa islami.

Dongdang juga harus berisi hasil pertanian masyarakat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional, disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.

”Dongdang diarak oleh 15 orang, terdiri atas pengusung dongdang empat orang, dan satu orang pembawa papan nama berukuran 90 x 20 cm,” paparnya.

Ia mengatakan, semua dongdang yang ditampilkan masing-masing peserta, diperlombakan untuk mendapatkan penilaian dari panitia. Kriteria penilaian meliputi, keindahan penataan, penampilan busana pembawa, atraksi pengiring dongdang serta keserasian pada saat berjalan.

Festival dongdang juga bakal dimeriahkan kehadiran Ustad Jefry Al-Buchori yang akan menyampaikan tausiah, diawali dengan pembacaan barzanzi dan ditutup dengan penampilan grup band Wali.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat Kabupaten Bogor dapat menyaksikan sekaligus turut menyemarakkan kegiatan bernuansa religi ini.

Tidak ada komentar: