Selasa, Oktober 28, 2008

RY Gencar Bangun Kefiguran, Nungki Galang Dukungan

RY Gencar Bangun Kefiguran, Nungki Galang Dukungan

CIBINONG - Menjelang putaran kedua pemilihan bupati (Pilbup) Bogor yang digelar 30 November 2008, pertarungan Rachmat Yasin (RY) versus Fitri Putra Nugraha (Nungki) dijamin seru. Pasalnya, kedua pihak kini terus menggalang kekuatan untuk menarik simpati massa. 

RY gencar membangun kefiguran, sedangkan Nungki terus menggalang dukungan. Baik kubu RY maupun Nungki optimis memenangkan Pilbup putaran dua.

Pasangan Nungki sareng Endang Kosasih yang mengusung label Nu Sae misalnya optimis bisa meraih suara di wilayah Kabupaten Bogor bagian barat pada putaran dua. 

Optimisme ini mencuat setelah banyak kader-kader Golkar, mulai dari Cibungbulang hingga Parungpanjang, diperkirakan kembali mendukung Nu Sae.

“Pada putaran pertama banyak kader Golkar terpecah antara mendukung Djuher (mantan kader Golkar) dan Nungki. Tapi, pada putaran kedua kader Golkar yang dulu mendukung Djuher akan merapat ke Nu Sae karena calon bupati nomor urut satu sudah tak bertarung,” ujar loyalis Golkar asli Bogor Barat Ade Ruhandi. 

Menurut dia, Golkar sangat percaya Djuher merupakan salah satu tokoh panutan Bogor Barat. Apalagi Djuher memiliki kader binaan sendiri di luar kader Partai Demokrat, tempatnya kini bernaung. Sebagian besar kader binaan Djuher merupakan kader Golkar yang tetap memiliki loyalitas. “Makanya saya yakin pada putaran kedua kader Golkar pendukung Djuher akan beralih ke Nu Sae,” tambah anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bogor ini.

Selain itu, tambah dia, sebagian besar Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar Kabupaten Bogor juga meminta DPD tetap mempertahankan relawan yang sudah terkumpul. Para ketua PK Golkar juga mengharapkan mesin partai mulai dihidupkan lagi agar ada ancang-ancang mengumpulkan dukungan minimal satu bulan ke depan. 

“Saya sebagai kader Golkar sangat setuju bila DPD Golkar mulai memanaskan mesin dan mempertahankan kinerja relawan,” terang Ade yang menjabat sebagai wakil bendahara DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor ini.

Bagaimana dengan kubu RY-Karyawan Faturachman? Pasangan yang berlabel Rahman juga tak mau kalah. RY terus membangun kefiguran. Alasannya, penentu kemenangan adalah kefiguran. “Sistem kampanye yang dilakukan partai sebenarnya tak jauh berbeda, tapi yang menentukan kemenangan adalah figur,” ujar Ketua Tim Sukses Rahman Teuku Hanibal Asmar kepada Radar Bogor.

Kendati demikian, tambah Hanibal, dalam membangun kefiguran ini kubu Hanibal tetap memiliki kekhawatiran sendiri, mengingat tingginya golongan putih (golput) di Kabupaten Bogor pada putaran pertama. “Tingginya golput berdampak pada kurangnya informasi yang mengalir ke masyarakat tentang figur. 

Satu-satunya cara bagaimana partai bisa meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada masih berlangsung alias Kabupaten Bogor belum menentukan siapa bupati definitifnya,” terangnya.

Masuknya Partai Demokrat sebagai partai pendukung Rahman, kata Hanibal, memberi angin segar bagi RY. Paling tidak persentase dukungan terhadap Rahman makin bertambah. “Mudah-mudahan diikuti lagi oleh partai-partai lain,” katanya.


PKS Konsentrasi Pemilu Legislatif

Sementara PKS Kabupaten Bogor hingga tadi malam belum menentukan sikap. Apakah akan merapat ke RY atau Nungki? Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor Ade Dodo berdalih belum adanya sikap karena PKS sedang konsentrasi meracik strategi Pemilu Legislatif.

“Kami hanya menunggu. Jika ada yang bersedia berkomunikasi, kami sangat senang. Tidak etis jika kami yang justru aktif mendekati mereka,” katanya. Hingga kemarin, Ade Dodo mengatakan, antara Tim Sukses Nu Sae dan Rahman masih muncul dan menghilang dalam berkomunikasi. “Kadang mereka menghubungi, tapi kadang menghilang tidak ada kabar,” tambahnya.

Lalu kapan kira-kira PKS menentukan pilihan? “Waktunya belum bisa kami tentukan. Yang pasti kami akan memilih salah satu. Kita tidak mau mengajarkan golput kepada masyarakat pada putaran kedua nanti,” ujar Dodo sembari memberi isyarat kemungkinan pertengahan November bakal mendeklarasikan dukungan mereka ke salah satu kontestan.
(http://www.radar-bogor.co.id/?ar_id=MjA3Njg=&click=MTc2)

Tidak ada komentar: