Selasa, Juni 02, 2009

Gubernur Lampung Dilantik

Departemen Dalam Negeri (Depdagri) menyatakan bahwa pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2009- 2014 hampir pasti dilantik pada Selasa (2/6). “Pelantikannya dilaksanakan pada Selasa,” kata Kapuspen Depdagri, Saut Situmorang, di Jakarta, Senin.

Ketika kembali diminta kepastiannya tentang waktu pelantikan itu hari Selasa , Saut Situmorang mengatakan bahwa Mendagri Mardiyanto akan melantiknya pada Selasa, kecuali terjadi sesuatu hal luar biasa.

Ia juga menyatakan hal seperti itu sehubungan adanya pernyataan Juru Bicara Kepresidenan, Andi Mallarangeng, bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum menandatangani surat keputusan pengangkatan Sjachroedin ZP sebagai Gubernur Provinsi Lampung.

Saut mengatakan, persiapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung itu telah dirampungkan.

Pasangan Gubernur dan Wagub Lampung periode 2009- 2014, Sjachroedin ZP- Joko Umar Said, memenangkan Pemilihan Gubernur Lampung tahun 2008 dengan meraih 43 persen suara.

Rencana pelantikan Gubernur dan Wagub Lampung terpilih itu mendapatkan perhatian luas setelah KPU Provinsi Lampung, beberapa hari menjelang pelantikan, membatalkan kemenangan pasangan itu.

Kirim Dirjen

Persiapan pelantikan Gubernur dan Wagub Lampung itu kini dirampungkan dan Pemerintah Pusat mengirimkan Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) Depdagri, Tanribali Lamo, untuk mengecek kondisi Lampung.

“Saya dua malam disini, situasinya aman, nyaman dan kondusif,” katanya, di Bandarlampung, Senin.

Tanri berada di Provinsi Lampung dalam rangka melihat dan menyiapkan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang dijadwalkan 2 Juni.

Ia menjelaskan, telah bertemu dengan berbagai elemen masyarakat di daerah tersebut, dan meminta untuk tetap menjaga kondusivitas daerah.

“Saya meminta semua elemen masyarakat, para pendukung, dan lainnya untuk menerima realitas politik, yang kalah ya kalah dan yang memang ya menang,” katanya.

Sementara itu, aparat kepolisian dari Polda Lampung dan Poltabes Bandarlampung melakukan persiapan pengamanan pelantikan secara berlapis.

Personel kepolisian disebar ke beberapa titik baik di dalam ruang sidang, pelataran parkir, sudut gedung, dan lainnya.
(http://matanews.com/2009/06/02/gubernur-lampung-dilantik/)

Tidak ada komentar: