Senin, Juni 01, 2009

Tim Mega-Prabowo Pertanyakan Pengunduran Kampanye Damai

Tim Mega-Prabowo Pertanyakan Pengunduran Kampanye Damai
 
Jakarta - Tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto mempertanyakan keputusan Komisi Pemilihan Umum untuk mengundur pelaksanaan deklarasi kampanye damai menjadi 10 Juni 2009.

"Kami mempertanyakan keputusan pengunduran jadwal kampanye damai ini. Kita meminta adanya pemberitahuan resmi," kata Gayus Lumbuun, di Jakarta, Senin, mewakili tim kampanye Mega-Prabowo.

Gayus yang ditemui sebelum masuk ke ruangan anggota KPU Andi Nurpati ini, mengatakan KPU harus menjelaskan alasan sebenarnya sehingga kampanye damai yang seharusnya dilaksanakan pada 2 Juni diundur menjadi 10 Juni.

"Harus ada alasan yang tepat, yang netral. Ini suatu bentuk pertanyaan yang serius tentang independensi KPU," katanya.

Gayus menuturkan, pihaknya menduga pengunduran jadwal kampanye damai ini karena KPU mempertimbangkan agenda salah satu pasangan capres-cawapres. Untuk itu, ia khusus mendatangi KPU guna mendapat penjelasan.

Menurut dia, perubahan jadwal kampanye damai ini telah mengganggu jadwal kampanye pilpres yang telah disusun oleh tim pasangan Mega-Prabowo.

"Jelas agenda kami jadi berubah. Padahal agenda kami padat, kalau ada satu yang berubah, maka akan mengubah semua jadwal kami," katanya.

Sebelumnya, setelah penetapan nomor urut pasangan capres dan cawapres, Sabtu (30/5) anggota KPU I Gusti Putu Artha mengatakan rapat pleno KPU telah memutuskan untuk mengundur jadwal kampanye damai.

Salah satu alasan yang diutarakan adalah KPU membutuhkan waktu yang cukup untuk menggelar acara deklarasi kampanye damai tersebut.

Ia membantah pengunduran ini karena KPU menyesuaikan acara tersebut dengan jadwal calon `incumbent`. 

"Deklarasi kampanye damai telah diplenokan, disepakati 10 Juni 2009 dengan harapan kita dapat mempersiapkan lebih baik dan bisa menghadirkan semua pasangan calon," kata Putu.
(http://pemilu.antara.co.id/view/?tl=tim-mega-prabowo-pertanyakan-pengunduran-kampanye-damai&id=1243841079)

Tidak ada komentar: