Selasa, Februari 24, 2009

Caleg PDI-P Teken Kontrak Politik di Depan Megawati

Caleg PDI-P Teken Kontrak Politik di Depan Megawati

JAKARTA, SELASA — Sebanyak 250 calon anggota legislatif menandatangani kontrak politik di depan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI-P Taufik Kiemas, dan Sekjen PDI-P Pramono Anung. Penandatanganan ini dilaksanakan di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Salah satu isi kontrak politik itu di antaranya menuntut caleg untuk berkomitmen pada tiga agenda yakni memperjuangkan sembako murah, menciptakan jutaan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jika gagal memenuhi komitmen tersebut, caleg yang terpilih tidak boleh mencalonkan diri lagi pada pemilu berikutnya.

Menurut Megawati, kontrak politik ini merupakan salah satu upaya terciptanya struktur baru pemerintahan yang lebih bertanggung jawab. "Apalagi rakyat semakin merasa apatis dengan politisi. Mereka merasa politisi kebanyakan janji dan melanggar janji mereka sendiri," ujar Mega.

Tentunya, lanjut dia, ini ada konsekuensi logisnya. Anggota harus rela mendapat sanksi jika melakukan pelanggaran. Pada penandatanganan itu, Megawati memberikan kesempatan pertama kepada Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI-P, sekaligus suaminya, Taufik Kiemas. Setelah itu, barulah Sekjen PDI-P Pramono Anung yang mendapat giliran tanda tangan.
(http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/02/24/1229329/caleg.pdi-p.teken.kontrak.politik.di.depan.megawati)

Tidak ada komentar: