Rabu, Maret 11, 2009

500 Surat Suara Tercontreng

500 Surat Suara Tercontreng

BOGOR - Penyortiran surat suara pemilu legislatif 2009 Kota Bogor masih dilakukan oleh petugas sortir di Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB). Penyortiran kemarin petugas menemukan satu dus surat suara yang berisi 500 lembar dalam kondisi cacat.

Cacat yang ditemukan berupa tanda garis berwarna merah yang mirip dengan tanda contreng di nama salah satu caleg. Nama caleg yang tercontreng di ratusan surat suara itu, yakni Brahim Rachmanto nomor urut 6 dari PPP untuk DPR RI.

Menurut Divisi Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Suryana mengatakan, kerusakan surat suara tersebut tidak disengaja. Dia memperkirakan kesalahan berasal dari pihak percetakan.

“Setelah diketahui ada tanda yang bisa meragukan pemilih, kami akan langsung kembalikan (ratusan) surat suara tersebut,” tandasnya kepada Radar Bogor.

Surat suara yang terkena tetesan tinta sementara jumlahnya lebih banyak ketimbang surat suara yang sobek. Suryana mengaku jumlah kerusakan surat suara tersebut belum bisa dihitung secara pasti karena seluruh petugas sortir sibuk melakukan pelipatan surat suara.

Jumlah surat suara yang rusak masih memungkinkah bertambah, sebab penyortiran belum selesai. “Mengenai jumlah surat suara yang rusak baru akan kami hitung setelah semua penyortiran rampung,” terang Suryana.

Surat suara yang rusak ditempatkan di tempat tersendiri kemudian dibuatkan berita acara. Setelah itu dikembalikan ke KPU Pusat untuk diberikan surat suara pengganti.

Dalam pengamanan surat suara pihak KPU telah meminta aparat dari Polresta Bogor yang bertugas setiap hari. Mereka tidak hanya berseragam tapi juga melibatkan intel. “Keamanan surat suara pasti terjamin,” ujar Suryana.

Proses penyortiran melibatkan 170 orang yang direkrut dari masing-masing kelurahan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Setiap lembar surat suara yang dilipat, petugas sortir diberi honor senilai Rp80 Ribu per surat suara.
(www.radar-bogor.co.id)

Tidak ada komentar: