Kamis, Maret 12, 2009

KPPI: Perempuan Harus Memilih

KPPI: Perempuan Harus Memilih

Bogor - Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Bogor bersama KPU Bogor menyerukan agar perempuan Bogor menggunakan hak pilih pada pemilu nanti. Itu dalam acara Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota di Gedung PKK, Jalan Pasar Mawar, kemarin.
“Selain untuk mengetahui mekanisme cara memilih, acara ini juga sebagai ajang penyadaran kepada perempuan tentang pentingnya menggunakan hak pilih mereka pada pemilu nanti. Perempuan mempunyai hak politik untuk dipilih dan memilih,” papar Nana Ariana, Ketua KPPI Kota Bogor kepada Jurnal Bogor kemarin.
Menurutnya, perempuan harus ikut berperan dalam politik dan masuk dalam legislatif agar mereka memiliki keterwakilan sehingga dapat membuat kebijakan yang mengakomodasi permasalahan perempuan. ‘’Sehingga diwujudkan dalam anggaran berbasis gender,” urainya.
Sebab, ada permasalahan yang hanya bisa dipecahkan oleh perempuan. “Oleh sebab itu, partisipasi perempuan dalam pemilu sangat penting. Agar mereka dapat memilih wakil mereka di parlemen. Apalagi sudah terbukti, perempuan yang duduk di parlemen, mempunyai kinerja yang lebih baik,” tegasnya.
Ia juga menuturkan tentang ajakan golput dari beberapa pihak yang harus diwaspadai. “Ajakan golput itu harus diantisipasi oleh semua pihak, karena kalau banyak terdapat golput di suatu daerah adalah tanda pemilu tidak sukses,” tegasnya.
Dalam kesempatan ini, Anggota KPU yang membidangi sosialisasi Undang Suryatna menjelaskan tentang tata cara memilih pada pemilu 2009 nanti. Ia juga menyatakan rasa terimakasihnya kepada KPPI yang memfasillitasi acara ini. “Terus terang, anggaran KPU untuk melakukan sosialisasi sangat terbatas, oleh karena itu, kami sangat terbantu karena ada acara semacam ini,” tuturnya.
(www.jurnalbogor.com)

Tidak ada komentar: