Selasa, Maret 03, 2009

Hanibal Resmi Pimpin DPRD

Hanibal Resmi Pimpin DPRD

CIBINONG - KALI pertama memimpin rapat Paripurna, usai pelantikan menjadi Ketua DPRD, Teuku Hanibal grogi. Ini tampak saat penyampaian sambutan, ia lupa menyebut kehadiran mertuanya, mantan Ketua DPP PPP Hamzah Haz, yang hadir khusus menyaksikan pelantikan menantunya di Gedung DPRD, kemarin. 
 
Setelah pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Bogor pengganti antar waktu (PAW) masa jabatan 2004-2009, Teuku Hanibal resmi menjabat sebagai Ketua DPRD, Harun Al Rasyid dan Suprijanto sebagai wakil ketua DPRD.
 
Iqbal-sapaan akrabnya berharap kerjasama yang telah terjalin dengan pemkab dan Kejaksaan dapat berlangsung harmonis. 
 
Sesuai UU 22/2003 tentang susunan kedudukan MPR, DPR, DPRD merupakan insitusi yang memiliki kedudukan setara dan sejajar dengan pemkab. Artinya, DPRD dan pemkab memiliki kedudukan yang sama sebagai mitra kerja yang berorientasi untuk kepentinggan rakyat sesuai tupoksi masing-masing.
 
Ia menilai pentingnya nilai kebersamaan antarwakil rakyat. Apalagi, pimpinan bukanlah atasan wakil rakyat atau anggota DPRD. Dengan prinsip kebersamaan ini, Iqbal minta dukungan DPRD, pemkab dan masyarakat untuk mengembangkan suasana kerja yang mengutamakan semangat kekeluargaan tanpa harus dibentengi sekat formal. Seperti, perbedaan fraksi atau parpol yang menaungi. 
 
Sementara Bupati Rachmat Yasin mengatakan, jabatan ini memberikan kesempatan lebih terbuka untuk menentukan arah dan tujuan lembaga sebagai penyalur aspirasi masryakat. 
 
Ia mengatakan pimpinan memiliki konsekusi dan tantangan yang perbedaan segi kemampuan berbagai aspek, yakni dituntut lebih tanggap dan lebih bijak dalam mengambil keputusan.
 
Tantangan DPRD ke depan, lanjut bupati, menghadapi demokrasi yang kian kritis dan dinamis menjelang pemilu 2009. Saat ini, DPRD menghadapi tantangan berat menjalankan dua fungsi, yakni menyampaikan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
 
Sedangkan mantan Wakil Presiden Hamzah Haz menyambut pelantikan menantunya itu sebagai bentuk tantangan. ''Ini amanah dari Allah SWT dan motivasi agar lebih berjuang. Kalau mampu maka karirnya meningkat,'' ujarnya.
(www.radar-bogor.co.id)

Tidak ada komentar: