Rabu, Juni 11, 2008

Lima Pasangan Cabup Bogor Siap Bertarung

 
BOGOR -- Sebanyak lima pasangan calon bupati siap melaju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor. Mereka kini resmi dan mendaftarkan diri di Kantor Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bogor.

Kelima pasangan itu adalah Rachmat Yasin-Karyawan Faturrahman (RY-KF), Fitri Putra Nugraha alias Nungki-Endang Kosasih (Nu Sae), Sunmandjaya-Ace Supeli (SAE), Iyus Djuher-Rusdi (Jurus) dan Maman Daning-Nurdin (An-Nur). Deklarasi kelima pasangan tersebut sudah dilakukan. Pasangan tersebut diklaim mampu merebut hati warga Kabupaten Bogor. Ketua KPUD Kabupatan Bogor, Moch Aan Hanafiah, mengatakan awal Juli pihaknya akan mengumumkan calon Bupati dan wakilnya yang berhak ikut Pilbup Bogor. "Awal Juli akan kami umumkan semua," ujarnya.

Pengamat Politik Universitas Djuanda (Unida) Kabupaten Bogor, Eri Krisna, mengatakan kelima pasangan calon bupati dan wakilnya itu harus mampu berkompetisi meraih 2,7 juta suara pemilih di Kabupaten Bogor. ''Dengan begitu, pilkada bisa berlangsung satu putaran. Namun, satu pasangan calon meraih 30 persen suara atau sekitar 600 ribu suara,'' katanya.

Untuk memperoleh itu, lanjut Eri, agak sulit. Sebab konstituen dalam pilbup akan terbagi menjadi enam. Yakni empat dari parpol, satu independen (perseorangan) dan satu konstituen golput. ''Yang paling berpengaruh dalam perolehan suara adalah empat komponen dari parpol," ujarnya. Namun, mereka akan kesulitan memperoleh 30 persen suara dalam putaran pertama. Hal itu memicu pemilihan berlangsung dua putaran. Alasannya, banyak ekses yang mungkin terjadi seperti golput sampai pemilih yang bingung.

Eri mengharapkan agar pemilihan bupati (pilbup) Bogor berjalan satu putaran. Hal tersebut berguna agar masyarakat tidak jenuh karena harus memilih ulang. Dan biaya politik pun akan sedikit lebih efisien. Eri menuturkan pilbup kali ini merupakan massa sulit bagi masyarakat. Mereka akan bingung memilih. Walaupun diprediksi berlangsung dua putaran, Eri menilai calon yang maju dalam Pilbup dinilai sangat kompetitif. "Mereka merupakan selebriti-selebriti politik yang sudah matang dan punya massa sendiri-sendiri," paparnya.

Mereka juga para figur yang cukup bersahabat dengan masyarakat dan dikenal oleh masyarakat. Mereka politisi yang memiliki kapabilitas. Karena itu semua calon berpeluang menang. "Mereka memberikan banyak pilihan. Masyarakat akan menetukan siapa yang terbaik untuk membangun Kabupaten Bogor menjadi lebih baik," tuturnya. c63
(www.republika.co.id)

Tidak ada komentar: