Sabtu, November 22, 2008

Rahman Perkuat Saksi

Rahman Perkuat Saksi

CIBINONG - Pasangan Rachmat Yasin-Karyawan Faturachman (Rahman) benar-benar banyak belajar dari Pilbup Bogor putaran pertama. Mereka tak ingin lagi lengah dalam menyiapkan saksi di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk memperkuat struktur tersebut, 40 saksi kecamatan, regu penggerak pemilih (Guraklih) dan struktural PDIP mendapatkan “amunisi” dari Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat Korwil Jawa DPP PDIP Adang Ruchyatna.

Adang yang sudah pengalaman dalam menghadapi kecurangan selama Pilkada membekali para saksi dan guraklih agar tetap siaga selama pemilihan berlangsung sampai distribusi surat suara. “Saya juga akan memberikan motivasi pada mereka agar tetap semangat selama menjaga suara,” katanya.

Selain memberi motivasi, saksi dan guraklih juga dibekali kemampuan mendistribusikan suara via komputer. Ini penting karena pasangan Rahman ingin mengetahui hasil real count yang akurat secara cepat.

Adang mengakui, beberapa kali memberikan pembekalan kepada saksi, dia mendapati banyak saksi yang masih kurang paham betapa penting tugasnya. Bahkan, terkesan banyak saksi yang tidak profesional dan kurang militan mencatat segala kejadian. “Saksi itu ujung tombak tim sukses. Jika mereka tumpul, maka potensi suara membengkok tinggi,” bebernya.

Adang sudah berpengalaman dalam beberapa Pilkada DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Ia mengatakan sengketa perolehan suara yang saat ini terjadi di Jawa Timur salah satu penyebabnya karena kurangnya tim sukses dalam menyiapkan saksi. “Pengalaman 2004 pun, saksi kami lemah. Kami ingin mengembalikan kejayaan pada 1999 (saat itu PDIP menang, red),” katanya.
(http://www.radar-bogor.co.id/index.php?ar_id=MjIyMzA=&click=NDU=)

Tidak ada komentar: