Jumat, Mei 29, 2009

Pelantikan Gubernur Lampung

Poltabes Bandarlampung menyiapkan pengamanan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Lampung terpilih yang dijadwalkan Selasa (2/6) melalui sistem berlapis. “Kita tetap mempersiapkan pengamanan dengan kekuatan penuh, meskipun surat pemberitahuan resmi tentang pelantikan gubernur terpilih pada hari tersebut belum saya terima,” kata Kapoltabes Bandarlampung, di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan, polisi sebagai penanggungjawab pengamanan tidak ingin kecolongan sehingga dalam sistem pengamanan acara pelantikan, pihak kepolisian lebih memilih melakukan antisipasi berlebih. “Kami mensiagakan 937 personil pengamanan yang merupakan tim gabungan Poltabes Bandarlampung dan Polda Lampung,” kata dia.

Selain itu, rumah calon gubernur dan calon wakil gubernur terpilih akan dijaga oleh satu regu petugas kepolisian sejak H-1 (1 Juni 2009), dan akan mendapat pengamanan khusus saat pelantikan berlangsung. “Sejak berangkat dari rumah, mereka sudah kami kawal hingga ke lokasi pelantikan. Selain itu, kami siagakan dua unit mobil `escape` untuk mengamankan keduanya apabila terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan mereka,” kata Syauqie.

Sementara itu, Gedung DPRD Lampung yang menjadi lokasi pelantikan juga akan disterilkan sejak tanggal 1 Juni 2009, hingga pelantikan selesai. Semua undangan yang masuk akan melalui tiga ring pengamanan dan diperiksa dengan menggunakan “metal detector”. “Telepon genggam undangan tidak boleh dibawa ke dalam ruangan,” kata dia.

Selain pengamanan berlapis, Poltabes Bandarlampung juga melakukan antisipasi pengerahan massa dengan menyiagakan dua unit mobil `water cannon` di lokasi pelantikan. “Pokoknya saya `over estimated` dan tidak mau kecolongan,” katanya.
(http://matanews.com/2009/05/29/pelantikan-gubernur-lampung/)

Tidak ada komentar: