Selasa, Desember 30, 2008

Saatnya RY Menepati Janji

Saatnya RY Menepati Janji

BOGOR - Rachmat Yasin - Karyawan Fathurachman (Rahman) mulai hari ini menyandang jabatan baru, bupati dan wakil bupati Bogor. Itu artinya tiba waktunya masyarakat Kabupaten Bogor menagih janji pasangan yang diusung PPP dan PDI Perjuangan ini.

Ini awal mengumpulkan kembali janji-janji yang pernah dilontarkan Rahman. Awal untuk menagih keduanya yang selama ini telah membujuk rayu warga agar memilih mereka. Awal untuk mencermati bagaimana mereka akan mewujudkan janji itu. Dan awal mengkritisi bagaimana warga Kabupaten Bogor diajak untuk turut serta dalam pekerjaan besar menjadikan janji mereka kenyataan.

Apa saja janji Rahman selama kampanye? Secara tertulis saat mendaftar di KPU Kabupaten Bogor, pasangan ini menyodorkan sembilan janji dalam gambaran besar. Namun, dalam perjalanan kampanyenya, mereka juga melontarkan janji-janji yang bisa saja diingatnya atau tidak.

Pada catatan KPU, pasangan ini memiliki visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Bogor yang bertaqwa, berdaya dan berbudaya menuju sejahtera. Visi secara harfiah yakni penglihatan yang akan dicapai atau sesuatu yang akan dicapai. Visi biasanya merupakan tujuan besar yang akan dicapai dengan berbagai tahapan-tahapan.

Nah, cara yang ditempuh untuk itu tertuang dalam misi. Pasangan ini menuliskan sembilan misi. Pertama, meningkatkan keshalehan sosial sebagai implementasi ajaran agama dalam kehidupan kemasyarakatan. Kedua, menanggulangi dan mengurangi kemiskinan dengan penataan dan peningkatan sarana, prasarana dan infrastruktur wilayah serta penciptaan iklim yang kondusif bagi tumbuhnya investasi swasta dan masyarakat dengan daya saing, keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif Kabupaten Bogor.

Ketiga, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan dengan prinsip pembangunan berbasis masyarakat. Keempat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Kelima, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Keenam, meningkatkan profesionalisme aparatur dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Ketujuh, melakukan reformasi pelayanan publik menuju tata pemerintahan yang baik. Kedelapan, menumbuhkembangkan potensi industri, pertanian dan pariwisata secara optimal. Kesembilan, menumbuhkembangkan kerjasama lintas daerah dalam kesatuan visi dan misi regional Jabodetabek.

Dalam perjalanan kampanyenya Rahman menyampaikan paket program prioritasnya. Diantaranya pengendalian harga kebutuhan pangan yang terjangkau oleh masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas pendidikan dan lapangan kerja. Pasangan itu juga menjanjikan mengalokasikan melalui APBD tunjangan untuk RT/RW dan tunjangan pasca tugas kepada kepala desa. Termasuk menindak pejabat nakal. Mampukah RY menepati janjinya?
(www.radar-bogor.co.id)

Tidak ada komentar: