Minggu, Januari 04, 2009

Edison-Arihta Segera Dilantik, PAW RY-Karfat

Edison-Arihta Segera Dilantik, PAW RY-Karfat

Bogor - Setelah mengundurkan diri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, posisi yang ditinggalkan pasangan bupati dan wakil Bupati Bogor Rachmat Yasin-Karyawan Faturachman (Rahman) akan segera diisi oleh penggantinya. Bupati Bogor Rachmat Yasin akan digantikan oleh Arihta Surbakti, sedangkan Karyawan Faturachman akan digantikan oleh Edison Hutahean. Dalam waktu dekat ini, keduanya akan dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Bogor. “Kalau melihat ketentuan dalam undang-undang yang menyatakan maksimal 6 bulan sebelum pelantikan anggota DPRD yang baru, masih bisa dilaksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW) maka keduanya akan dilantik pada bulan Januari ini. Pasalnya, anggota DPRD yang baru, akan dilantik pada bulan Juli,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Achmad Fauzi kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Lebih lanjut Ahmad Fauzi mengatakan, KPU Kabupaten Bogor telah selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap kedua orang calon pengganti pasangan Rahman di DPRD Kabupaten Bogor. Dari verifikasi administrasi tersebut, tidak ditemukan kejanggalan, sehingga mereka dengan mudah lolos verifikasi. Setelah itu, KPU mengirimkan surat ke DPRD Kabupaten Bogor meminta agar segera ditindaklanjuti hasil verifikasi yang dilakukan KPU. “Proses verifikasi terhadap pengganti Rahman sudah kita lakukan, dan sudah kita kirim ke DPRD Kabupaten Bogor agar segera dibuat keputusan. Dan sekarang, surat tersebut mungkin sudah berada di tangan gubernur,” jelas Achmad Fauzi.

Achmad Fauzi mengatakan, untuk pelantikan pengganti pasangan Rahman, akan dilakukan oleh DPRD Kabupaten Bogor melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Bogor. Rapat paripurna tersebut digelar setelah DPRD Kabupaten Bogor mendapat surat keputusan dari gubernur Jawa Barat. Terkait dengan dua PAW anggota DPRD Kabupaten Bogor lainnya yang sudah lebih dahulu diverifikasi, Achmad Fauzi mengatakan jika berkas-berkas mereka juga sudah selesai diverifikasi. “Berkas-berkas mereka sudah selesai diverifikasi. Dan ada kemungkinan mereka berempat akan dilantik secara bersamaan. Tentang pelantikan bersama ini, tergantung pada putusan gubernur Jawa Barat. Kalau surat keputusannya dibuat bersamaan, pelantikannya juga bisa bersamaan,” ujar Achmad Fauzi.

Sekedar mengingatkan, KPU Kabupaten Bogor juga sudah melakukan verifikasi PAW terhadap dua anggota DPRD lainnya, yakni Gunawah Hasan dari Partai Amanat Nasional dan Endang Ruswanto dari Partai Demokrat. Gunawan Hasan sendiri akan digantikan oleh Kamaludin, sedangkan Endang Ruswanti diganti Rifki Darmawan.

(www.jurnalbogor.com)

Tidak ada komentar: