Rabu, April 22, 2009

5 Parpol Pastikan Kursi dari Jatim Dapil IV

5 Parpol Pastikan Kursi dari Jatim Dapil IV

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Sebanyak lima partai politik memastikan mendapat jatah kursi Dewan Perwakilan Rakyat untuk daerah pemilihan Jawa Timur IV, yakni Lumajang-Jember. Dari delapan kursi yang diperebutkan, raihan kelima partai politik tersebut hampir merata.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Demokrat, masing-masing mendapatkan dua kursi. Sementara dua kursi lainnya diraih Partai Golkar dan Partai Gerindra.

Kepastian perolehan kursi tersebut didapat setelah KPU Kabupaten Lumajang dan KPU Kabupaten Jember menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten pada Selasa lalu. Selanjutnya rekapitulasi dikirim ke KPU Jawa Timur pada Rabu (22/4).

Dari pemilihan umum legislatif di daerah pemilihan Jatim IV, sembilan parpol lolos persyaratan parlemen. Selain lima parpol yang mendapatkan kursi di atas, empat parpol lainnya meliputi Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Namun, empat parpol ini tidak mendapatkan kursi karena jumlah suara yang diraihnya kurang dari harga kursi di dapil tersebut, yakni senilai dengan 139.750 suara.
(http://regional.kompas.com/read/xml/2009/04/22/20094949/5.parpol.pastikan.kursi.dari.jatim.dapil.iv)

Tidak ada komentar: