Jumat, April 17, 2009

Hari Ini KPU Rapat Pleno

Hari Ini KPU Rapat Pleno

CIBINONG - Rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) memasuki tahap finising. Kemarin, KPU sudah meminta seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyerahkan hasil rekapitulasi ke KPU Kabupaten Bogor. Sedangkan pleno perhitungan suara hari ini.

“Seluruh PPK harus sudah menyerahkan hasil rekap dan formulir DA 2 pada KPU. Bagi PPK yang lebih dulu menyerahkan hasil rekapitulasi, KPU menjadwalkan untuk melakukan pleno pada hari pertama,” kata Ketua Divisi Rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor Goris Seran.

Rencananya, pada proses pleno yang berlangsung di Gedung Serbaguna II Pemkab ini diawali dengan pembukaan yang dihadiri seluruh pimpinan parpol dan muspida Kabupaten Bogor sekitar pukul 10:00. Usai salat Jumat, KPU mulai melakukan pleno hasil rekapitulasi PPK lima kecamatan.

“Lima kecamatan paling cepat menyerahkan rekapitulasi ke KPU akan pleno di hari pertama. Lalu Kecamatan Leuwisadeng yang sudah menyerahkan hasil rekapitulasinya dan menjadi kecamatan pertama yang diplenokan,” kata Seran.

Kemudian, pada Sabtu (18/4) untuk 20 kecamatan dan hari terakhir Minggu (15/4) khusus 15 kecamatan. “Pleno berlangsung pukul 8:00 hingga selesai. Dari hasil simulasi, pleno PPK bisa mencapai 140 menit,” jelas Seran.

Seran mengakui, rekapitulasi PPK ini melebihi target KPU yakni pada Rabu (15/4) PPK menyerahkan rekapitulasi ke KPU), sehingga pihaknya terpaksa mengulur waktu pada PPK untuk menyerahkan hasil rekapitulasinya.

Ada beberapa hal yang memperlambat kinerja PPK, pertama masih ada PPK yang mencantumkan jumlah suara kepada partai yang tidak memiliki caleg, seharusnya suara parpol yang tidak punya caleg menjadi suara tidak sah. “Terpaksa PPK harus menghitung ulang,” ujarnya.

Selanjutnya, pencontrengan ganda di kolom parpol dan caleg dihitung ulang, sehingga banyak terjadi penggelembungan suara. “Seharusnya kalau ada suara ganda seperti itu, suara tersebut untuk caleg,” pungkasnya.
(http://www.radar-bogor.co.id/?ar_id=MjkxMDY=&click=MTI3)

Tidak ada komentar: