Rabu, Agustus 20, 2008

Debat Publik Cabup-Cawabup Bogor Disiarkan Langsung TV One

Debat Publik Disiarkan Langsung TV One (20 Agt 2008 Jam 19.00 - 21.00 WIB)

Tiga Panelis Uji Cabup-Cawabup

CIBINONG - KPU Kabupaten Bogor terkesan kesulitan mengangkat panelis lokal pada debat publik calon bupati dan wakil bupati (Cabup-Cawabup). Terlebih mencari penelis lokal yang tak terkontaminasi kepentingan salah satu pasangan Cabup-Cawabup.

“Jadi kami memilih mencari aman mengambil panelis yang memiliki keahlian masing-masing,” kata Ketua Divisi Humas KPU Kabupaten Bogor Achmad Fauzi kepada Radar Bogor kemarin.

Tiga panelis pilihan KPU Kabupaten Bogor antara lain, Rektor IPB Herry Suhardiyanto, Guru Besar UI Eko Prasojo, Pengamat Ekonomi dan Politk UGM Ichsanudin Nursyi. Ketiganya menguji setajam apa visi, misi, dan program kelima pasangan.

Fauzi menjelaskan debat Cabup-Cawabup berlangsung di Ballroom Novotel Bogor sekitar pukul 19.00 WIB hari ini.

Sedangkan jumlah peserta debat dibatasi hanya 250 orang.

Debat terbagi menjadi empat sesi. Pada sesi pertama masing-masing pasangan calon memaparkan visi, misi, dan program kerja masing-masing selama satu menit. Kemudian panelis langsung bertanya pada masing-masing pasangan dalam waktu dua menit.

Sesi kedua, pasangan calon memilih beberapa kasus yang menjadi permasalahan di Kabupaten Bogor. “Permasalahannya sudah disiapkan secara spesifik oleh salah satu TV swasta sebagai penyelenggara. Masing-masing pasangan mendapat waktu dua menit untuk menjabarkannya,” kata Fauzi.

Sesi ketiga adalah klimaks atau debat antarcalon. Setiap pasangan calon mendapat waktu tiga menit untuk ditanya oleh pasangan lainnya. Dan sesi terakhir diisi dengan janji-janji pasangan calon. “Kami memberikan kesempatan mereka untuk memberikan closing statement (pernyataan penutup,red) maksimal 30 detik,” kata Fauzi.

Untuk lokasi sengaja bertempat di Novotel karena tempat ini cukup refresentatif untuk acara debat ini. Tak hanya itu acara ini bakal disiarkan langsung di salah satu stasiun Swasta.

“Kita sudah mencari berbagai lokasi untuk debat, akhirnya kita sepakati di Novotel karena lokasinya sangat memadai, dan akan disiarkan langsung di salah satu stasiun TV ternama,” kata Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Bogor Romli Eko Wahyudi.

Tidak ada komentar: