Kamis, September 04, 2008

PILKADA GUBERNUR LAMPUNG

PILKADA GUBERNUR LAMPUNG (2008-2013)

SJACHROEDIN ZP-JOKO UMAR SAID




Sjachroedin Menang Berkat Kombinasi Dua Unsur
Kamis, 4 September 2008 - 14:07 wib
(http://pilkada.okezone.com)

JAKARTA - Kemenangan yang diraih cagub-cawagub yang diusung PDIP, Sjachroedin ZP- Joko Umar Said di Pilkada Lampung menurut ketua FPDIP Tjahjo Kumolo merupakan hasil dari kerja mesin partai yang optimal dan popularitas figur yang diusung.
''Kombinasi mesin partai yang lugas (yang digerakkan) oleh Ibu Megawati yang berkeliling kampanye di Lampung. Selain itu, figur Sjachroedin ZP mantan Gubernur Lampung yang juga ketua DPD PDIP Lampung masih diinginkan masyarakat Lampung untuk melanjutkan pembangunan di Lampung,'' katanya lewat pesan singkat yang dikirimkannya kepada Okezone, Kamis (4/9/2008).
Kemenangan PDIP di Pilkada Lampung, sambung Tjahjo, merupakan suatu bukti bahwa Masyarakat sudah cerdas dalam memilih pemimpin,
"Mana pemimpin yang hanya bisa janji-janji dan mana yang memang serius memperjuangkan aspirasi masyarakat,'' kilahnya.

Sjachroedin Unggul di Desk Pemilu Pemprov Lampung
Kamis, 4 September 2008 - 11:56 wib
(http://pilkada.okezone.com)
LAMPUNG - Tidak hanya unggul di quick count, Sjachrodein ZP - Joko Umar Said juga unggul dalam data desk pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah provinsi Lampung.
Data terakhir yang diterima Pemprov Lampung pukul 10.00 WIB, Kamis (4/9/2008), Jumlah suara yang diperoleh Sjachroedin-Joko mencapai 43,83%, atau 1.096.054 suara.
Namun data ini masih akan berubah karena jumlah hasil penghitungan suara yang masuk, baru 46,37 % dari 5,39 juta suara.
Urutan kedua diduduki pasangan yang diusung Golkar, Alzier Dianis Tabrani - Bambang Sudibyo dengan 17,93%. Di urutan ketiga, pasangan yang diusung PKS, PAN dengan, Zulkifli Anwar- Ahmadi Sumaryanto 16,55 %.
Ketua desk Pilgub Prov Lampung, Akmal Jahidi memperdiksi hasil yang didapat tidak akan jauh dari penghitungan quick count yang digelar Lingkaran Survei Indonesia, Lembaga Survei Indonesia dan Puskaptis.
"Paling margin error-nya 2 %. Data yang didapat Pemprov Lampung ini merupakan hasil dari rekap desk pilgub di tingkat kabupate/kota. Mereka melaporkan setiap satu jam pada kami," kata Akmal.
Sementara desk kabupaten/kota meneruskan info yang mereka dapat dari Panitia Pemilihan Kecamatan.

Jago PDIP Ukir Sejarah di Lampung

Kamis, 4 September 2008 - 00:20 wib
(http://pilkada.okezone.com)
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Pramono Anung mengaku sangat antusias menyambut kemenangan sementara calon yang diusungnya dalam Pilkada Lampung.
Dengan perolehan suara 42% lebih, kata Pramono, PDIP telah mengukir sejarah karena Pilkada Lampung diikuti tujuh kandidat.
Menurut dia, ada beberapa hal yang membuat calon yang diusungnya memenangkan Pilkada Lampung. Selain faktor maksimalnya kinerja partai, faktor figur kandidat juga sangat menentukan kemenangan tersebut.
Menurut Pramono, PDIP dalam menggarap Pilkada di beberapa daerah termasuk di Lampung benar-benar serius dan maksimal. Karena itu, meski pada Pemilu 2004 Lampung merupakan basis Partai Golkar, PDIP bisa membuktikan bahwa dengan kerja yang serius kemenangan bisa diraih.
"Kita terus kerja maksimal. Bahkan dalam kampanye, kita langsung dipimpin Ketua Umum PDIP Ibu Megawati." Kata Pramono di Jakarta, Rabu (3/9/2008).
Sementara faktor figur, kata dia, PDIP yang mengusung incumbent tidak salah pilih. Hal itu juga membuktikan bahwa kandidat yang disusung PDIP itu telah berhasil dalam memimpin Lampung selama satu periode. Sehingga rakyat masih memberikan kepercayaannya untuk meneruskan program kerjanya.
Selain dua faktor itu, lanjut Pramono, kemenangan PDIP di Lampung secara tidak langsung karena posisi PDIP sebagai partai oposisi. Dengan begitu, terangnya, PDIP menjadi partai alternatif bagi rakyat yang merasa kecewa terhadap situasi nasional yang saat ini dihadapinya.
Dengan kemenangan itu pula, setidaknya sudah ada gambaran besar bahwa PDIP akan menenangkan Pemilu 2009. "Sebab kepercayaan rakyat terhadap PDIP terus meningkat berdasarkan hasil Pilkada di beberapa daerah," ujarnya.

Tiga Quick Count Menangkan Incumbent Lampung
Rabu, 3 September 2008 - 17:16 wib
(http://pilkada.okezone.com)
BANDAR LAMPUNG - Sebanyak tiga lembaga survei yang melakukan perhitungan cepat (quick count) memenangkan pasangan Sjachrodein ZP-Joko Umar Said. Bahkan, ketiganya mencatat kemenangan mereka di atas 40 persen.
Ketiga lembaga yang melakukan perhitungan cepat adalah Lingkar Survei Indonesia, Lembaga Survei Indonesia, dan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis).
Berdasarkan data yang diperoleh hingga pukul 16.30 WIB, pasangan Sjachrodein-Joko berhasil meraih suara terbanyak di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Lampung.
Dari hasil yang diperoleh, wilayah Way Kanan menjadi lumbung suara mereka karena berhasil mendulang suara di atas 50 persen.
Menurut ketiga lembaga survei, kemenangan mereka dikarenakan popularitas yang dimiliki Sjachrodein cukup tinggi dibandingkan calon lainnya. Selain itu, masyarakat Lampung mengaku puas dengan kinerja dia selama menjabat sebagai gubernur.
Dengan hasil tersebut, pasangan tersebut dipastikan menang tanpa cukup dengan satu putaran. Sebelumnya, banyak kalangan menduga, Pilgub Lampung akan dilangsungkan secara dua putaran. Mengingat terdapat tujuh pasangan calon.

Quick Count Pilgub Lampung, Jago PDIP Berjaya
Rabu, 3 September 2008 - 14:17 wib
(http://pilkada.okezone.com)
LAMPUNG - Hasil perolah sementara quick count (perhitungan cepat) yang dilakukan dua lembaga survei menunjukan cagub/cawagub Lampung yang diusung PDIP yaitu Sjachrodein ZP-Joko Umar Said berada di posisi teratas perolehan suara.
Dari data quick count di dua LSI yang berbeda, yaitu LSI pimpinan Saiful Mujani ( Lembaga Survei Indonesia ) dan LSI Denny ZA (Lingkaran Survei Indonesia) keunggulan Sjachroedin di atas 40 %.
Walaupun jumlah sampel yang masuk dari TPS belum final, namun keunggulan Sjachroedin ini nyaris tak bergerak dari awal quick count yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIB.
Versi LSI Saiful Mujani menyebutkan, keunggulan Sjachroedin sebesar 42,85% disusul pasangan Alzier Dianis Tabrani - Bambang Sudibyo 20,5%.
Sementara pasangan yang diusung PKS,PAN Zulkifli Anwar- Ahmadi Sumaryanto memeroleh 15,27 % dukungan. Data tersebut didapat dari 58% sampel yang masuk dari 400 sampel TPS.
Sementara quick count yang digelar Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny JA , Sjachroedin bertengger di posisi puncak dengan suara 40,49%. Di urutan kedua pasangan Alzier-Bambang 21 %, disusul pasangan Zulkifli-Ahmadi 17,63 %.Data ini diketahui dari 75,26 % sampel yang diambil dari 400 TPS.
Saat ini quick count masih terus berlangsung. LSI versi Saiful Mujani memusatkan kegiatan quick countnya di Hotel Marcopolo Jalan Dipenogoro, Bandar Lampung, sementara LSI Denny JA menggelar quick count di Hotel Grand Anugrah, Bandar Lampung.

Nyoblos Pilgub, Warga Lampung Libur
Selasa, 2 September 2008
(http://pilkada.okezone.com)

BANDAR LAMPUNG - Pemerintah menetapkan pada 3 September sebagai hari libur berkaitan dengan pencoblosan Pilgub Lampung 2008.
Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan Mendagri Tanggal 22 Agustus 2008 dan surat edaran Gubernur Lampung Nomor 045.2/2095/01/2008. Dalam edaran itu tertulis ketetapan libur berlaku bagi pegawai negeri dan swasta yang ada di Lampung.
"Berkaitan dengan pilgub, Kita terpaksa meliburkan masyarakat pada Rabu besok," kata Sekda Provinsi Lampung Irham Djafar, saat dikonfirmasi per telepon, Selasa (2/9/2008).
Dia menerangkan, bagi instansi yang bersifat strategis seperti rumah sakit, pelayanannya dilakukan dengan sistem shift. Hal serupa juga berlaku untuk instansi yang mengutamakan layanan. Pimpinan perusahaan diharapkan bisa mengaturnya.
"Bagi pekerja yang tidak diliburkan untuk menyalurkan suaranya. Diancam maksimal 12 bulan penjara. Karena bertentangan dengan Undang-Undang," tandasnya.
Undang-Undang yang dimaksud adalah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 117 tentang pemerintah daerah yang mengatur pemberian pidana bagi perusahaan yang tidak memberi izin kepada karyawannya. Untuk pelaksanaan diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab dan Pemkot setempat.
 
KANDIDAT PILGUB LAMPUNG 2008-2013


SJACHROEDIN ZP - JOKO UMAR SAID
PARTAI PENGUSUNG : PDI PERJUANGAN


SOFYAN YACOB - BAMBANG WALUYO
PARTAI PENGUSUNG :


ZULKIFLI ANWAR - AHMADI SUMARYANTO
PARTAI PENGUSUNG : PKS, PAN


M ALZIER DIANIS THABRANI - BAMBANG SUDIBYO
PARTAI PENGUSUNG : GOLKAR, PKB, PPP


ANDY ACHMAD SAMPURNA JAYA - SUPARJO
PARTAI PENGUSUNG :


MUHAJIR UTOMO - ANDI ARIF
PARTAI PENGUSUNG :


OEMARSONO - THOMAS RISKA
PARTAI PENGUSUNG :

Tidak ada komentar: