Rabu, September 10, 2008

Survei: PDIP Pemenang Pemilu 2009

Survei: PDIP Pemenang Pemilu 2009

INILAH.COM, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi bakal mampu menyingkirkan semua parpol yang ada dalam Pemilihan Umum 2009.
"Kunci kemenangan PDIP ada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," kata Direktur Lembaga Kajian dan Survei Nusantara (Laksnu) Gugus Joko Waskito di Jakarta, Rabu (10/9).
Dia mengatakan, jika di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) PDIP bisa mengungguli Partai Keadilan Sejahtera (PKS) maka dipastikan tampil sebagai pemenang Pemilu 2009.
"Jika pemilih perkotaan yang tingkat pendidikan dan penyerapan informasinya lebih tinggi saja memilih PDIP, apalagi penduduk pedesaan," katanya.
Jika PDIP menang, Susilo Bambang Yudhoyono selaku "incumbent" akan semakin sulit untuk mencari koalisi partai, sebab ia tidak mungkin lagi berpasangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla karena keduanya kini dicitrakan sebagai pasangan yang kurang harmonis.
"Kecuali jika mulai sekarang SBY mulai menggandeng tokoh-tokoh perempuan untuk mengimbangi Megawati," katanya.
Pada bagian lain, Gugus menyebut PKS sebagai partai yang berpeluang masuk tiga besar pemenang Pemilu 2009. "Karena PKB pecah, PAN digoyang Muhammadiyah. Sementara Demokrat naik-turunnya tergantung popularitas dan kebijakan SBY (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono)," katanya.
PKS juga cerdik dengan menjadi pionir dalam melempar isu moralitas dan antikorupsi, di saat partai-partai lain tidak memiliki isu yang signifikan.
(http://inilah.com/berita/partai-partai/2008/09/10/48985/survei-pdip--pemenang-pemilu-2009/)

Tidak ada komentar: